Minggu, 17 Maret 2013

CARA MEMBUAT "BONSAI HIAS CANTIK"..



Ø  Adapun bahan-bahan yang diperlukan, adalah:
1.    Akar/ batang pohon
2.    Pot bunga
3.    Batu kali/ kerikil yang dicat berwarna
4.    Lem kayu
5.    Pernis/plitur
6.    Kertas gosok
7.    Daun/ bunga plastik

 

Ø  Langkah-langkah pembuatan:
1.      Akar/ batang pohon yang masih basah/ kering, harus direndam terlebih dahulu dalam air selama 2-5 hari. Perendaman ini dilakukan untuk memudahkan pengelupasan kulit dan memperoleh akar yang kuat serta tidak mudah busuk.
2.      Setelah direndam, akar/ batang dikeringkan. Proses pengeringan dilakukan dengan menjemur akar/ batang di bawah sinar matahari selama 3-4 hari.
3.      Untuk menghindari kerusakan akar/ batang, sebaiknya pengelupasan cukup dengan tangan saja, tidak menggunakan belati.
4.      Akar/ batang yang sudah dikelupas dan dalam keadaan kering siap dipotong-potong. Gunakan gergaji yang tajam agar tidak terdapat serabut kayu pada bekas gergajian.
5.      Setelah melalui tahap-tahap tersebut, sudah saatnya akar/ batang yang sudah dalam keadaan terpotong-potong tersebut dihaluskan menggunakan ampelas/ kertas gosok yang paling halus agar tidak membuat permukaan pohon semakin kasar.
6.      Selanjutnya, bentuklah akar/ batang menyerupai tanaman bonsai hias.
7.      Rangkaian tanaman bonsai yang sudah terbentuk menjadi bonsai kemudian dipernis dengan menggunakan kuas cat ukuran sedang nomor 3-6 dan memiliki serabut yang lembut dan tidak mudah rontok atau dengan menggunakan kain.
8.      Setelah akar/ batang dipernis, tempelkan bunga/ daun plastik pada tanaman bonsai hias dengan menggunakan lem kayu.
9.      Tahapan akhir, dilanjutkan dengan penanaman bonsai imitasi ke dalam pot yang sudah disediakan. Kemudian berilah batu kali/ kerikil berwarna untuk hiasan dalam pot.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar